Miniso Land Hadir di Central Park | RETAILITORY & PHOTOS

Persaingan di industri retail gaya hidup Indonesia semakin sengit. Menyusul kesuksesan KKV dengan nama barunya, OH!SOME, Miniso juga tak mau ketinggalan. Peretail asal Tiongkok ini siap memanaskan persaingan dengan konsep Miniso Land (IP Collection Store) di Central Park Mall Jakarta.

Bagian depan Miniso Land Central Park

Lokasi: LG Floor, Central Park Mall, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat, Jakarta
Patokan: Samping Transmart

Dengan luas kurang lebih 3000 m²,[1] maka cabang ini merupakan Miniso terbesar di Indonesia, bahkan termasuk salah satu Miniso terbesar di dunia. Menurut kabar yang disampaikan medsos Miniso, cabang ini dibuka 31 Agustus 2024.

Miniso Land hadir dengan koleksi produk yang lebih variatif dan lengkap dari berbagai IP. Misalnya, Chiikawa, Loopy, Sanrio, One Piece, Disney, Minions, Peanuts, sampai Nailoong. 

Koleksi IP di Miniso Land Central Park

Selain itu, akan ada lebih banyak pengalaman interaktif baru yang ditawarkan melalui desain Miniso ini. Masing-masing zona produk memiliki suasana yang berbeda. Contohnya area blind box yang dikemas dengan dekorasi a la luar angkasa. 

Area blind box di Miniso Land

Terdapat pula area bermain yang diisi permainan seperti mesin capit dan gashapon. Meski jumlahnya memang tidak sebanyak OH!Some Central Park. Pengunjung  juga dimanjakan dengan adanya pelayanan rawat kuku seperti polishing dan pemasangan kuku palsu. Ada juga photo box sehingga pengunjung bisa mengabadikan dirinya.

Area permainan di Miniso Land Central Park

Area sayang kuku

Indonesia menjadi negara ke-2, yang memiliki Miniso Land. Hingga Agustus 2024, diketahui hanya ada dua cabang Miniso Land di dunia, keduanya ada di Tiongkok. Yakni di Tianjin, buka pertengahan Agustus 2024 serta di Shanghai (masih konstruksi).


Miniso Land Central Park dilengkapi dengan area Top Toy untuk penggemar mainan dan action figure.  Ada juga produk wewangian, makanan ringan, produk kesehatan dan kecantikan, alat tulis, bahkan perlengkapan anak (area Sakumini).

Area Master's Aroma Lab
Berbagai produk yang ada di Top Toy

Miniso sendiri sedang menyusun strategi baru dengan membuka toko-toko besar (disebut sebagai super store) dan memanfaatan kekayaan intelektual dari berbagai perusahaan terkenal, seperti Disney, Sanrio, Sprial Cute (Chiikawa), dan Mattel. Hal ini sejalan dengan visi Ye Guofu (CEO dan pendiri Miniso) untuk menjadi retailer IP (intellectual properties) nomor 1 di dunia.[2]

Ornamen pada bagian pilar toko

Hal ini juga dibarengi dengan peremajaan wajah toko, terutama di pasar utama Miniso. Toko-toko baru Miniso umumnya tampil lebih berani dengan permainan warna pastel dan dekorasi yang lebih masif.

Display boneka dari Stitch (dari film Lilo & Stitch)

Bila dilihat sekilas, strategi tersebut membuahkan hasil yang cukup baik. Berdasarkan data kuartal-I 2024, Miniso berhasil mendapatkan keuntungan bersih sebesar 617 juta yuan (naik 27,7% secara year on year).[3]

Sedikit bergeser ke pasar Indonesia. Ada beberapa pemain lokal seperti Niceso yang tidak bisa dianggap remeh. Meski berfokus ke kota-kota kecil dan tampilan tokonya tidak begitu mencolok, Niceso menjadi pilihan menarik bagi masyarakat karena harganya yang relatif terjangkau. Pada 2022 lalu, Grup Niceso bahkan memperluas bisnisnya dengan membangun The Nice Funtastic Park di Cianjur.

Ximivogue (asal Tiongkok) juga mulai membenahi diri. Beberapa gerainya, seperti di Plaza Indonesia dan Pluit Village ditutup karena perubahan tata letak barang dan jenis produk yang dijual.

REFERENSI
[1] - Instagaram Central Park (centralparkmall). Diakses dari https://www.instagram.com/reel/C55j6JPSpgM/

[2] - 铁血蓝色科技. 以“开心”制胜,名创优品的全球化已经是Next level. Diakses dari https://baijiahao.baidu.com/s?id=1806707929934954099&wfr=spider&for=pc

[3] - Miniso. Miniso Investor Presentation May 2024. Diakses dari https://filecache.investorroom.com/mr5ir_miniso/318/MINISO%202024%20Mar%20Quarter%20ppt.pdf

Komentar

Popular Posts