Menelusuri Lokasi Butter Baby Indonesia dan Pemiliknya | RETAILITORY

Sejak awal kehadirannya pada Agustus 2025, Butter Baby berhasil menggemparkan media sosial Indonesia. Kemunculan toko dessert bertema kuning ini tampil kontras dengan maskot lucu (yang kebetulan bernama Butter Baby juga). Gerai pertamanya sendiri bisa ditemui di sisi barat Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

Usaha pemasaran yang dilakukan merek ini bisa dibilang jor-joran. Sebelum membuka toko, beberapa campaign dilakukan untuk meningkatkan kesadaran publik. Puluhan influencer media sosial, media nasional, dan media asing juga diundang untuk mencobanya.

Interior gerai yang didesain ala luar angkasa - Sumber: Butter Baby Blok M

Artis populer dari mancanegara turut dihadirkan sebagai daya tarik tambahan, misalnya Nani Hirunkit, Tontawan, Bright, dan Gulf Kanawut.

Butter Baby hadir dengan konsep yang unik dibanding kedai F&B lain. Seluruh aspek promosi, toko, maupun menu dibuat sejalan dengan storyline karakternya sebagai anak lugu yang berasal dari luar angkasa. Benang merah tersebut diharapkan bisa memberi kesan yang lebih dekat bagi konsumen.

Hal ini juga diterapkan pada interior ruang yang didesain futuristik dan dinamis dengan sudut lengkung di setiap sisi ruang. Konsep ruangnya cenderung menyerupai showroom atau instalasi seni dengan etalase interaktif.

Butter Baby sendiri sudah memiliki sertifikat Halal dari Kemenag (BPJPH). Menunya meliputi donat, kopi, teh buah, roti panggang, es krim, dan roti. Di antara semuanya, donat merupakan menu yang paling menonjol dengan jumlah dan variasi beragam.

Donat yang ditawarkan hadir dengan rasa unik seperti BB Fried Chicken Sando, Opor Crunch, Matcha Crunch, P-Starchio, Pandan Punch, Chocolate Nebula, dan Mallow Yuzu Baby. Setiap produk umumnya dibanderol dengan harga Rp25.000-Rp60.000, memang agak mahal dibanding toko donat yang biasa ditemui.

Gambaran menu donat - Sumber: Butter Baby

Maskot (IP) yang dimiliki juga dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan lewat merchandise berupa pakaian dan aksesori. Untuk memperkuat kehadirannya, Butter Baby juga membuat puluhan stiker yang bisa digunakan untuk WhatsApp dan media sosial lain.

Karakter Butter Baby yang sedang berpose - Sumber: Butter Baby Blok M

Sebagai informasi, pendiri utama Butter Baby merupakan Henry dan Nick Burch. Keduanya merupakan anak dari Tory Burch, perempuan yang dikenal sebagai perancang tas dan pakaian mewah asal Amerika Serikat.

Menurut beberapa sumber, keputusan Henry dan Nick untuk memulai usaha Butter Baby di Indonesia tidak terlepas dari hubungan emosional mereka dengan Indonesia. Sebelumnya, mereka mengambil alih usaha NIHI, komplek resort yang terdapat di Sumba. Keluarganya juga mendirikan Burch Family Foundation sebagai yayasan nirlaba di Sumba.

Lokasi Butter Baby Indonesia:

  • Pasaraya Blok M, Jakarta
  • Tribeca Central Park Mall, Jakarta
  • Terminal 3 Sekarno Hatta, Banten

Komentar