AEON Emporium Pluit, Cabang Pertama di Jakarta Utara (SOON) | RETAILITORY REVIEW
Menyusul penutupan Transmart pada Agustus 2025, Emporium Pluit langsung bergerak dengan menghadirkan AEON Supermarket. Supermarket ini akan menemani Informa dan Mr. DIY sebagai penyewa utama di lantai LG.
Langkah ini bisa dibilang sejalan dengan rencana ekspansi AEON sejak 2023. Ketika pertama kali muncul, AEON Supermarket hanya ada di mal milik sendiri.
Hal ini mulai berubah ketika lini supermarket serta health & beauty mulai melakukan ekspansi ke Mall Alam Sutera (milik Alam Sutera Realty). Usaha tersebut berhasil mengakselerasi jumlah gerai AEON menjadi 12 (per Oktober 2025).
| Logo AEON Supermarket |
Sebagai fun fact, AEON Supermarket di Emporium Pluit akan menjadi cabang pertama AEON di Jakarta Utara.
Lokasi: Emporium Pluit Mall, Jalan Pluit Selatan Raya, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.
Umumnya, AEON Supermarket dibagi menjadi beberapa zona, yakni: AEON Health & Beauty, Food Street dan AEON Bakery, serta area inti supermarket.
| Area buah-buahan dan sayur di AEON |
Setiap zona biasanya hadir dengan konsep desain tersendiri agar tidak memberikan kesan bosan bagi pengunjung. Beberapa cabang juga hadir dengan area tematik khusus untuk F&B.
| Area seafood di AEON Supermarket Tangerang - Sumber: Mal Ciputra Tangerang/Instagram |
Salah satu nilai lebih yang ditawarkan AEON adalah variasi dan promosi produk Jepang, terutama bahan makanan dan minuman serta peralatan rumah tangga.
Selain belanja keperluan rumah tangga, pengunjung AEON juga disuguhkan dengan Food Street, area yang dikhususkan untuk menjual hidangan siap saji.
Beberapa hidangan yang ditawarkan di sini adalah gorengan khas Jepang, sate, onigiri, sushi, ramen, rotisserie chicken, donburi, es krim, takoyaki, kopi, dan jus.
| Deretan produk sushi siap makan - Sumber: Mal Alam Sutera |
Konsep ini dianggap menarik karena hidangan yang dijual relatif terjangkau dan sering disertai promosi. Sebenarnya, keberadaan kantin atau area deli di supermarket bukan hal yang baru di Indonesia, sayangnya penerapan konsep produk dan tempatnya kurang matang.
Meski kesannya berada di atas angin, supermarket asal Jepang ini sebenarnya menemui tantangan yang berat karena beberapa supermarket lokal dan asing yang sempat tertinggal mulai berbenah dan mengusung konsep baru, contohnya Transmart.
Agar pengunjung terus kembali, AEON menghadirkan private brand seperti Topvalue yang cenderung dijual lebih murah. Umumnya produk Topvalu berupa daging dan bahan masak.
Hal lain yang dilakukan AEON adalah integrasi toko daring dan fisik lewat personal shopper dan situs raisa.aeonstore.co.id yang bisa digunakan untuk membeli barang. Barang yang dipesan bisa diantar atau diambil di area pick-up.
Komentar
Posting Komentar