Sparkora Emporium Pluit: Restoran BBQ + Musik Miliki Haidilao | RETAILITORY

Meski gagal dengan restoran FanFan, Grup Haidilao kembali memperkenalkan merek baru bernama Sparkora. Restoran ini dikenal juga sebagai Yan Qing BBQ (焰请烤肉铺子) di Tiongkok. Indonesia merupakan negara kedua yang disambangi merek ini. Sebelumnya, Sparkora membuka cabang di Sunway Pyramid Mall, Malaysia. 

Cabang pertama Sparkora Indonesia berada di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara. Restoran yang terletak di lantai 2 ini rencananya akan buka sekitar September 2025. Sebagai informasi tambahan, mal ini juga memiliki gerai Haidilao Huoguo di lantai 3. Kalau diamati sekilas, Sparkora memiliki ukuran gerai yang cukup besar, sekitar 500-700 m2.

Alamat Sparkora Emporium Pluit (soon): Lt. 2 Emporium Pluit Mall (samping Koko Hawker), Jl. Pluit Selatan Raya No. 1, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jakarta 14440

Sparkora Emporium Pluit
Hoarding banner Sparkora Emporium Pluit

Memang, konsep yang diusung Sparkora agak beda dari restoran lain. Bila Haidilao menjadikan konsep hotpot sebagai keunggulan, Sparkora memadukan elemen BBQ atau grilling + drink bar + hiburan musik dalam satu tempat.

Nama Sparkora sendiri berasal dari kata spark dan aurora, digambarkan sebagai pengalaman BBQ kelas atas yang meriah. Pengalaman tersebut diwujudkan lewat berbagai layanan unik yang disediakan gratis. Hal ini didukung pula dengan pelayanan pegawai yang diposisikan sebagai nilai lebih oleh Haidilao.

Sparkora BBQ Malaysia
Tampilan Sparkora di Sunway Pyramid Malaysia - Sumber: Sparkora MY

INTERMEZZO: Sparkora pertama kali diperkenalkan di Xi'an pada 2023[1]

Desain interior Sparkora menonjolkan kesan mewah dan berani melalui elemen desain reflektif dan metal yang dominan. Hal ini diperkuat dengan ambient light keemasan serta dinding bermotif marmer. Meski begitu, penataan meja dan kursinya cukup mirip dengan Haidilao Huoguo.

Foto Interior Sparkora
Interior Sparkora di negara asalnya - Sumber: 焰请烤肉铺子

Berkaca ke konsepnya di Malaysia, pengunjung Sparkora akan diberi welcome drink dan es krim gratis untuk menunggu antrean dan pesanan.

Kemiripan dengan Haidilao juga terlihat jelas di beberapa area, salah satu contohnya adalah keberadaan sauce bar. Di sini, pengunjung bisa meracik saus, mengambil sayur dan snack serta hidangan penutup (umumnya buah-buahan).

Sauce bar di Sparkora Haidilao
Area sauce bar - Sumber: Sparkora MY

Menu yang ditawarkan di sini memang tidak halal karena masih mengandung daging babi dan minuman alkohol (bir). Ada 4 kategori daging yang bisa ditemukan di sini, yakni sapi, babi, ayam, dan seafood yang opsinya lebih sedikit.

Berikut adalah beberapa menu yang bisa ditemui di Sparkora (Malaysia): silky egg oyster blade, premium beef tongue, marbled short rib, fiery chicken feet, spicy squid, Myeongdong fried chicken, thick cut streaky pork, tomahawk lamb chop, mashed shrimp, enoki mushroom, dan potato slices.

Menu di Sparkora
Gambaran menu daging - Sumber: Sparkora MY

Kebetulan, grill di Sparkora tidak memanfaatkan permukaan rata (dan terutup), sehingga pengaliran panasnya tergolong cukup cepat dan tidak menghasilkan banyak asap.

Restoran ini juga hadir dengan beberapa pelayanan yang absurd. Di antaranya adalah kursi pijat, jasa cuci dan penataan rambut, dan perawatan kuku. Pengadaan layanan unik memang bukan hal baru di Haidilao. Hal ini dilakukan sebagai aspek pembeda agar pengunjung betah dan selalu teringat dengan pengalamannya di sini.

Fitur paling khas di Sparkora adalah panggung live music DJ yang biasanya tampil setiap malam. Ketika live music dimulai, suasana restoran berubah menjadi klub malam dengan atmosfer yang semarak dan gemerlap.

Live music DJ Sparkora
Makan sambil diiringi DJ - Sumber: 海底捞知食局

Bila melihat cabang Sparkora lainnya, ada kemungkinan Sparkora Emporium juga dilengkapi dengan ruang VIP. Meski begitu, belum diketahui apakah jam operasional Sparkora juga akan 24 jam seperti Haidilao atau tidak.

Secara keseluruhan, Sparkora menyajikan pengalaman BBQ yang cukup edgy dengan suasana layaknya dunia malam, cocok untuk anak muda atau keluarga yang sedang berpesta.

RED POMERGRANATE PLAN

Ekspansi dan pengenalan merek baru Haidilao merupakan bagian dari red pomergranate plan. Dengan strategi ini, Haidilao mencoba menghadirkan inovasi unik yang bisa diintegrasikan ke manajemen Haidilao. Diversifikasi tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif bagi perusahaan.

Haidilao memiliki beberapa restoran dengan branding unik sesuai karakteristik pasarnya. Di Singapura, terdapat Hi Hi Hotpot yang menawarkan pengalaman express hotpot. Di negara yang sama, Haidilao mengembangkan restoran mi bernama Hi Noodle.

Sebagai informasi tambahan, Grup Haidilao juga menghadirkan merek seperti HotSpot (halal) dan Hi Hi Huat Pot ke Indonesia. HotSpot sendiri merupakan restoran BBQ dan shabu-shabu yang halal, sedangkan Hi Hi Huat Pot bermain di pasar hotpot premium.

Bagaimana pendapat kalian terkait merek-merek baru yang dihadirkan Haidilao?

REFERENSI

[1] - https://www.haidilao.com/article/8711

Komentar