Ramen Mania (IPPUDO): Ramen Halal yang Bakal Hadir di Lippo Mall Nusantara
Setelah beroperasi selama -/+11 tahun di Indonesia, Ramen Ippudo berencana meluncurkan merek Ramen/Noodle Mania (nama sementara). Merek ini disiapkan secara khusus untuk memenuhi standar halal.
Indonesia dipilih sebagai negara pertama untuk peluncuran merek ini. Salah satu gerainya dikabarkan akan ada di Lippo Mall Nusantara (Plaza Semanggi). Bila tidak ada aral melintang, gerai pertamanya akan hadir sekitar September 2025.
Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki pasar yang potensial untuk ditembus. Kehadiran Ramen Mania diharapkan bisa mendongkrak kinerja perusahaan Chikaranomoto Holdings Co., Ltd. (induk Ippudo).
Sebenarnya Ippudo pernah memperkenalkan menu ramen dengan metode masak, penyajian, dan bahan yang halal (chicken based). Sayangnya, kerancuan informasi dan stigma kuat Ramen Ippudo sebagai ramen non-halal sepertinya membuat konsumen Muslim ragu mencoba.
Ramen Ippudo di Senayan Park |
Ramen Mania sendiri menghadirkan ramen dengan bahan dasar ayam dan udang. Topping yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan gerai Ippudo, terdapat telur, daging ayam char siu, udang, daun bawang, rumput laut, dan kakiage (gorengan sayur). Mengingat Indonesia dikenal dengan masakan pedas yang beragam, terdapat juga variasi kuah pedas.
PERJALANAN IPPUDO INDONESIA
Didirikan pada 1985, nama Ramen Ippudo tergolong besar di Jepang. Kedai ramen ini sering disejajarkan dengan Ichiran. Popularitas Ippudo tidak terlepas dari profil pendirinya, Shigemi Kawahara. Ia sering muncul di televisi dan mendapatkan penghargaan. Keberhasilan di Jepang mendorong Ippudo untuk menjelajahi pasar asing, salah satunya adalah Indonesia.
Gerai pertama Ippudo di Indonesia dibuka pada 2014 di Pacific Place Jakarta. Strategi ekspansi yang dilakukan Ippudo cenderung hati-hati dan terukur. Fokus utamanya tetap terletak pada mal kelas menengah atas dengan populasi non-Muslim yang memadai, contohnya adalah Central Park Mall, PIK Avenue, dan Mal Kelapa Gading. Butuh sekitar 9 tahun bagi Ippudo untuk membuka gerai di luar Jakarta. Gerai tersebut terletak di Pakuwon Mall Surabaya.
Interior salah satu gerai Ippudo |
Meski harganya relatif pricey dibanding merek-merek lokal, Ippudo cukup berhasil menembus pasar Indonesia. Namanya sebagai spesialis kuah tonktosu populer pada kalangan menengah atas. Beberapa menu yang populer di antaranya adalah Shiromaru Ramen, Akamaru Ramen, Tantanmen, dan Karaka Ramen.
POTENSI RAMEN DI INDONESIA
Masifnya populasi muslim di Indonesia ternyata tidak menyurutkan antusiasme masyarakat terhadap masakan Jepang. Banyak merek lokal yang menghadirkan ramen dengan kearifan lokal. Salah satu contohnya adalah RamenYa!, jaringan kedai ramen yang berhasil membuka 100 gerai dalam 6 tahun.
Restoran yang berada di bawah naungan Daya Group ini memposisikan diri sebagai restoran ramen yang terjangkau dan nyaman di lidah orang Indonesia.
Ada beberapa hal yang membuatnya unik, misalnya penggunaan sambal matah dan sambal bawang pada hidangan. Terdapat juga menu nasi dengan lauk seperti donburi yang dilengkapi dengan katsu ayam, ayam panggang, kari Jepang, dan daging sapi.
Beberapa gerai RamenYA! juga dikombinasikan dengan SushiYA!, restoran sushi (afiliasi). Meski hal ini membuat pelayanan lebih rumit, menu yang ditawarkan juga bisa lebih beragam. Pengunjung bisa menikmati sushi dari conveyor belt atau memesan sushi dan ramen ke pramusaji.
Selain RamenYA!, ada juga jaringan kedai ramen yang lebih 'mewah' seperti Hakata Ikkousha, Ramen Seirock-ya, Ikkudo Ichi, Sai Ramen, dan Marutama Ramen.
Komentar
Posting Komentar