Luckin Coffee dan Tim Hortons akan Hadir di Indonesia

 LATAR BELAKANG

Beberapa tahun belakangan, pasar kopi di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Hal ini tidak terlepas dari posisi Indonesia sebagai penghasil kopi terbesar ke-empat di dunia pada 2020.[1] 

Masyarakat Indonesia juga semakin banyak yang menggemari kopi. Menurut data Fitch Solutions, jumlah konsumsi kopi di Indonesia kemungkinan akan terus meningkat sepanjang 2024.[2]

Starbucks Indonesia

Jadi, tidak mengejutkan bila pengusaha lokal tergiur untuk terjun ke bisnis kedai kopi, beberapa di antaranya bahkan menembus negera tetangga. Misalnya, Tanamera, Kopi Kenangan, dan Fore Coffee yang sudah hadir di Singapura dan Malaysia. Selain itu, ada Tomoro Coffee yang berkembang pesat dengan 200 gerai dalam 1 tahun.[3] 

Belum lagi kisah Starbucks, kedai kopi asing yang berhasil membuka ratusan gerai di Indonesia. Adanya preseden tersebut memancing banyak kedai kopi asing untuk ekspansi ke Indonesia pada 2024 dan 2025.

  • LUCKIN COFFEE
Luckin Coffee atau dikenal juga sebagai Ruìxìng Kāfēi (瑞幸咖啡) di Tiongkok merupakan jaringan kedai kopi terbesar di Tiongkok dengan jumlah gerai sebanyak 13.273 per September 2023.[4]

Luckin Coffee Jewel Changi Airport - Sumber: IG/luckincoffeesg

Didirikan pada tahun 2017, Luckin Coffee sering disebut sebagai sebagai Starbucks-nya Tiongkok. Luckin terkenal dengan model bisnisnya yang memanfaatkan teknologi online ordering lewat aplikasi, sehingga ruang yang perlu disewa cenderung lebih kecil dibanding kedai kopi seperti Starbucks.

Meski sempat didera skandal terkait laporan keuntungan palsu dan mengajukan chapter 15 bankruptcy di Amerika Serikat, Luckin Coffee berhasil melakukan restrukturisasi dan bangkit. Bahkan pada 2023, Luckin Coffee berhasil mengambil alih tahta Starbucks sebagai jaringan kedai kopi terbesar di Tiongkok.[5]

Setelah hadir di Singapura pada Maret 2023 silam, Luckin Coffee juga berencana menambah gerai di negara Asia Tenggara lain. Berdasarkan artikel World Coffee Portal, mereka akan membuka gerainya di Indonesia dan Thailand pada 2024.

  • COTTI COFFEE
Cotti Coffee Kota Tua Jakarta - Sumber: IG/cotticoffee.id

Sama seperti Luckin Coffee, Cotti juga berasal dari Tiongkok. Kedai kopi ini didirikan oleh Charles Lu dan Jenny Qian (pendiri Luckin Coffee) yang 'terusir' ketika skandal keuangan mendera Luckin Coffee. 

Meski baru didirikan pada Agustus 2022, Cotti Coffee sudah berhasil membuka 6000 gerai (2023).[6] Cotti Coffee memanfaatkan franchise untuk mempermudah ekspansi usahanya. Model bisnisnya cukup mirip dengan Luckin Coffee yang mengandalkan aplikasi dan grab and go untuk mendorong efisiensi ruang penjualan. Dalam aplikasi tersebut, ada fitur kupon dan kode referensi untuk mendorong pengguna baru mencoba. 

Pada Agustus 2023, Cotti Coffee membuka gerai pertamanya di LGF Kuningan City. Hingga Desember 2023, tercatat ada 9 gerai yang sudah dioperasikan di Indonesia.

  • TIM HORTONS
Tim Hortons didirikan pada tahun 1964 oleh Tim Horton, Jim Charade, dan Ron Joyce. Dalam situsnya, disebutkan bahwa jaringan kedai kopi asal Kanada ini sudah memiliki 5.701 gerai (kuartal III-2023) di seluruh dunia.[7]

Tim Hortons NEX Mall Singapura - Sumber: IG/timhortonssg

Selain kopi, Tim Hortons di setiap negara biasanya menyediakan menu yang beragam, mulai dari sarapan pagi seperti sandwich, donat, roti panggang, hingga wrap.

TimBits - Sumber: IG/timhortonssg

Setelah hadir di Filipina dan Thailand, Tim Hortons berencana ekspansi ke negara Asia Tenggara lain seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia melalui Marubeni (Marubeni Growth Capital Asia/MGCA). MGCA sendiri dibentuk Marubeni untuk memfoksukan investasi pada sektor konsumen. Rencananya gerai pertama di Indonesia akan dibuka tahun 2024.[8]

  • FUGLEN
Merek yang satu ini jumlahnya memang tidak banyak, tercatat hanya ada 7 gerai di seluruh dunia (5 di antaranya di Jepang). Namun namanya cukup populer di kalangan turis Indonesia yang sering bepergian ke Jepang. Fuglen sendiri pertama kali dibuka di Oslo, Norwegia pada 1963.[9]

Calon kedai Fuglen di ASHTA District 8 - Sumber: Dokumentasi pribadi
Kedai Fuglen di Tokyo - Sumber: IG/fuglentokyo

Kedai kopi ini menonjolkan suasana vintage dengan memadukan desain scandinavia dalam interiornya. Fuglen melakukan roasting kopi dengan cara Nordik, sehingga hasilnya cenderung lebih light.

Fuglen dalam waktu dekat berencana membuka gerai pertamanya di Indonesia di lantai dasar ASHTA District 8, Jakarta.

  • BACHA COFFEE
Perjalanan Bacha diawali dengan istana Dar el Bacha yang didirikan di Marrakesh, Maroko pada 1910. Istana ini sempat tutup setelah Perang Dunia II dan dihidupkan lagi sebagai museum dan kedai Bacha Coffee (dimiliki V3 Gorumet, segrup dengan TWG Tea).[10]

Bacha Coffee Terminal 4 Changi Airport - Sumber: IG/bachacoffee
Interior Bacha Coffee - Sumber: IG/bachacoffee

Kedai kopi yang satu ini memiliki interior yang menonjol dan mewah dengan tema Maroko. Target Bacha Coffee adalah  kalangan atas, sehingga lokasi kedainya cenderung terletak di lokasi yang prestisius atau eksklusif seperti Suria KLCC dan Bandara Changi, Singapura.

Bacha Coffee sendiri diboyong Grup Erajaya dan akan hadir pada pertengahan 2024 di Plaza Senayan, Jakarta.

  • HWC COFFEE
HWC Coffee didirikan pada 2016 di Taiwan. Nama HWC sendiri diambil dari kata Hei Wo atau tanah hitam yang memainkan peran penting untuk menghasilkan biji berkualitas tinggi. Hingga Maret 2023, HWC Coffee tercatat sudah memiliki 70 gerai di Taiwan.

HWC Coffee Malaysia - Sumber: IG/hwc_malaysia

Sebelum masuk ke Indonesia, HWC Coffee juga melebarkan sayapnya di Malaysia dan Brunei Darussalam. Dalam waktu dekat, HWC Coffee berencana untuk memperlebar sayapnya di Asia Tenggara dengan membuka 10 gerai di Indonesia, Brunei, dan Singapura. [11]
  • REBORN COFFEE
Reborn Coffee berasal dari California, Amerika Serikat dan didirikan oleh Jay Kim (pernah mendirikan Tutti Fruti Frozen Yogurt) pada 2014. Hingga Juli 2023, terdapat 14 gerai yang sudah dioperasikan di Amerika Serikat.

Pada 15 Januari 2023, Reborn Coffee menandatangani perjanjian kerja sama dengan Collective Project Sdn Bhd, yang mengoperasikan jaringan distribusi kopi untuk berbagai kafe di Malaysia untuk mengembangkan Reborn Coffee di Asia Tenggara.

Reborn Coffee The Exhange 106 Malaysia - Sumber: IG/reborncoffee.my

Menurut CEO Reborn Coffee (Jay Kim), meningkatnya daya beli masyarakat kelas menengah dan budaya konsumsi kopi yang terus berkembang menjadi beberapa alasan mereka memasuki pasar Asia Tenggara.

Dalam rilisan pers, disebutkan bahwa pihak pusat dan Reborn Coffee Malaysia Sdn Bhd akan bersama mencari agen properti/real estat yang bisa membantu menemukan lokasi yang cocok di Indonesia (Jakarta) dan Singapura.[12]

  • BLU SHAAK COFFEE (BLUE SHARK)
Terakhir, ada Blu Shaak (블루샥), jaringan kedai kopi asal Busan, Korea Selatan ini didirikan pada 2019. 

Logo Blu Shaak - Sumber: blushaak_jeju
Interior Blu Shaak - Sumber: blushaak_watersidepark

Dalam wawancaranya dengan Busan.com, Kwon Jae-hyeok, CEO Blu Shaak, menyampaikan keinginannya untuk mempromosikan merek kopi Korea ke dunia internasional dengan menembus pasar seperti Jepang dan Indonesia. Dalam rencananya, Blu Shaak akan dibawa pengusaha lokal dengan sistem waralaba.[13] 
 
Kedai kopi yang satu ini juga menjual es krim dan produk bakery dan pastry seperti kue, donat, dan churros. Selain biji kopi lokal, Blu Shaak menggunakan biji kopi asal Amerika Selatan.

SELANJUTNYA?
Dengan banyaknya jaringan kedai kopi asing maupun lokal yang masuk ke 'kolam' ini, bagaimana respon pemain existing? Tentu menarik untuk ditunggu, karena persaingan akan semakin ketat di berbagai tingkat. Mulai dari premium sampai kelas bawah.

Salah satu merek yang mulai melakukan diferensiasi adalah Janji Jiwa, jaringan kopi lokal ini memperkenalkan konsep gerai dan identitas baru yang lebih colorful. Pilihan menu makanan juga cenderung dibuat lebih banyak dibanding sebelumnya.

Kalau menurut Anda, siapa yang pantas merajai pasar Indonesia?

REFERENSI
[1] - Shahbandeh, M (2020). Global coffee production 2020, by country. Diakses dari https://www.statista.com/statistics/277137/world-coffee-production-by-leading-countries/

[2] - Singapore Business Review (2020). Coffee spending to rise 8.2% to $2.2b by 2024 in Indonesia. Diakses dari https://sbr.com.sg/food-beverage/asia/coffee-spending-rise-82-22b-2024-in-indonesia

[3] - Nabila, M. (2023). Kiat Tomoro Coffee, 1 Tahun Buka 200 Gerai. Diakses dari https://entrepreneur.bisnis.com/read/20231024/88/1707552/kiat-tomoro-coffee-1-tahun-buka-200-gerai

[4] - Luckin Coffee (2023). LKNCY 2023Q3 Earnings Presentation. Diakses dari https://investor.lkcoffee.com/static-files/5c8e866b-1100-43b4-abbf-4873a454ecd3

[5] - Chiang, S. (2023). How Luckin Coffee overtook Starbucks as the largest coffee chain in China. Diakses dari https://www.cnbc.com/2023/09/12/how-luckin-coffee-overtook-starbucks-in-china.html

[6] - Neate, R. (2023). China overtakes US as branded coffee shop capital of the world. Diakses dari https://www.theguardian.com/business/2023/dec/12/china-us-branded-coffee-shop

[7] - RBI (2023). Restaurant Brands International Inc. Reports Third Quarter 2023 Results. Diakses dari https://www.rbi.com/English/news/news-details/2023/Restaurant-Brands-International-Inc.-Reports-Third-Quarter-2023-Results/default.aspx

[8] - NNA (2023). 丸紅がコーヒーチェーン1号店. Diakses dari https://www.nna.jp/news/2592219

[9] - Fuglen (n.d.). About Us. Diakses dari https://fuglen.no/About

[10] - Bacha Coffee (n.d.). About Us. Diakses dari https://bachacoffee.com/about-us

[11] -  HWC Coffee (2023). HWC Coffee Malaysia to spend RM60 million over two years on expansion. Diakses dari https://hwccoffee.my/news/Lastest/hwcexpansion

[12] - Reborn Coffee (2023). Reborn Coffee Partners with COLLECTIVE to Expand Brand into Malaysia and Indonesia. Diakses dari https://s3.amazonaws.com/b2icontent.irpass.cc/2799/rl115149.pdf

[13] - JI-hoon, P. (2023). [인터뷰] 권재혁 부산 커피 ‘블루샥’ 대표 “품질 좋고 저렴한 ‘부산 커피’ 전 세계 알리기에 최선”. Diakses dari https://www.busan.com/view/busan/view.php?code=2023080717363841792

Komentar

Popular Posts