Cinema XXI akan Menambah 10 Layar IMAX Baru di Indonesia, termasuk Bandung dan Bali

Pada 14 Februari 2023 lalu, IMAX Corporation dan jaringan bioskop XXI mengumumkan kerja sama lanjutan antara keduanya melalui rilis pers yang disebarkan lewat PR Newsmedia.

Melalui kesepakatan ini, Cinema XXI akan membuka 10 layar IMAX baru di Indonesia. Dengan begitu, nantinya akan ada 20 layar IMAX milik XXI. Nantinya, 10 layar ini juga dilengkapi teknologi IMAX with Laser. Teknologi ini sendiri memungkinkan kualitas gambar yang lebih kontras, cerah, dan detail lewat format gambar 4K.


Tidak lupa juga, bioskop IMAX with Laser umumnya juga dilengkapi sistem tata suara termutakhir dari IMAX yang terdiri dari 12 channel suara sehingga bisa menghasilkan surround yang lebih maksimal dibanding sebelumnya.
 
Empat dari sepuluh layar baru tersebut akan hadir di beberapa mal baru seperti Agora Thamrin Nine Jakarta, Summarecon Mall Bandung, Icon Bali di Denpasar, AEON Mall Deltamas, dengan 6 layar sisanya menyusul hingga tahun 2027. Selain itu, terdapat isu bahwa bioskop IMAX akan hadir di The Park Semarang, Jawa Tengah. Bila kabar ini benar, kemungkinan jumlah studio regulernya akan menyusut hingga tersisa 3-5 saja.
 
Menurut Rich Gelfond, CEO IMAX dalam rilis persnya, jumlah penonton bioskop yang terus meningkat dan keberadaan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, dianggap sebagai beberapa alasan yang yang membuat IMAX tertarik untuk terjun lebih dalam ke pasar Indonesia lewat kemitraan bersama Cinema XXI.  
 
Apalagi tahun 2022 lalu menandakan sejarah menarik bagi industri perfilman Indonesia, di mana untuk pertama kalinya ada film komersial Indonesia (Pengabdi Setan 2) yang menggunakan format IMAX.  Kerja sama lewat kehadiran dan pembaruan teknologi ini tentunya diharapkan bisa memberi pengalaman terbaik bagi penonton sekaligus memperkuat posisi XXI sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia.
 
Perlu diketahui juga, pada pertengahan tahun 2020, terjadi juga kesepakatan antara CGV dan IMAX untuk membuka 8 layar IMAX di Turkiye, Vietnam, dan Indonesia. Sampai saat ini, hasil kesepakatan tersebut masih belum terlihat. Apabila hal ini menjadi kenyataan, tentu persaingan antar bioskop bisa lebih menarik, karena lisensi IMAX tidak lagi dipegang secara eksklusif oleh Cinema XXI.
 
Baca juga: Tahun 2024, XXI Buka Cabang Baru di Jambu Dua dan Tegal

Komentar

Popular Posts