SM Entertainment Membuka Flagship Store (Kwangya @Jakarta) di Indonesia

Kwangya @Jakarta - Sumber: SMTown

Setelah membuka kantor SM Entertainment Indonesia di mal fX Sudirman, perusahaan hiburan yang menaungi aespa hingga Girls' Generation ini  membuka toko fisik resmi di Indonesia pada 3 Desember 2022.

SMTOWN Store & SMTOWN Cafe Vietnam - Sumber: Crescent Mall Vietnam (Facebook)

Store SM di Lotte Shopping Avenue akan menjadi yang ke-2 di luar Korea Selatan, dan pertama di luar Korsel (untuk konsep store Kwangya). Sebelum hadir di Indonesia, SM sudah membuka toko resminya di Crescent Mall, Ho Chi Minh, Vietnam pada 2020 lalu (melalui SMTOWN Store & SMTOWN Cafe). [1]

Sumber: SMTOWN Vietnam

Pada outlet SM Store yang sudah ada di Vietnam, ada pembagian menjadi dua zona, yakni SMTOWN Store dan SMTOWN Cafe. Di area SMTOWN Store, pengunjung bisa membeli berbagai produk resmi seperti album, tumbler, poster, kaos hingga gelas dengan gambar artis-artis besutan SM Entertainment. Sedangkan di SMTown Cafe, terdapat opsi dessert hingga minuman seperti teh, kopi, cupcake sampai waffle dengan tema sesuai dengan artis naungan mereka, seperti Girls' Generation Strawberry Yogurt, NCT Ade, dan Artist Cupcake.  

Berbeda dengan SMTOWN Store yang sudah ada di Vietnam, kehadiran toko resmi SM di Indonesia menjadi lebih menarik karena penerapan konsep Kwangya yang lebih interaktif, lewat virtual experience hingga desain yang lebih futuristik, sesuai dengan visi yang dicanangkan SM lewat dunia Kwangya.

Area display dengan LED screen di Kwangya @Jakarta - Sumber: @lotte_avenue

Kwangya @Jakarta di Lotte Avenue kemungkinan memiliki luas sekitar 400-600m². Di dalamnya, tetap ada penjualan berbagai produk idol yang dinaungi agensi ini, mulai dari album sampai pernak-pernik kecil. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, desain storenya dibuat lebih interaktif, futuristik, dan menarik dibanding SM Store biasa (yang ada di Vietnam). Selain itu, ada juga beberapa hal yang menarik di Kwangya @Jakarta seperti adanya photobox (Rp60.000) yang bisa digunakan pengunjung.

Sumber: SM Entertainment

Hadirnya Kwangya@Jakarta memang tidak mengejutkan, mengingat banyak dari masyarakat Indonesia menjadikan K-pop sebagai bagian dari hidupnya. Tidak sedikit dari mereka berani mengeluarkan kocek uang untuk membeli album hingga poster. Hal ini umumnya dilakukan melalui pembelian online dari luar negeri dan menggunakan jasa titip.

Berdasarkan data 2019 Global K-pop Map yang disampaikan Blip, sebuah organisasi riset yang menganalisis keberadaan fandom K-pop, negara dengan viewership YouTube terbanyak (untuk video yang dirilis antara 1 July 2018 - 30 Juni 2019) adalah Indonesia (2,62 miliar views), disusul Thailand (2,15 miliar views), lalu Vietnam (1,96 miliar views). [2]


REFERENSI
[1] - Dang Khoa (2020). K-pop giant SM Entertainment to open first store in Vietnam. VNExpress. Diakses dari https://e.vnexpress.net/news/business/k-pop-giant-sm-entertainment-to-open-first-store-in-vietnam-4126128.html

[2] - Jung Joo-ri, Lee Jihae (2019). Map showing K-pop's popularity by global region released. Korea.net. Diakses dari https://www.korea.net/NewsFocus/Culture/view?articleId=174587

Komentar