CGV Grand Indonesia: Bioskop Flagship CGV



Pertama kali dibuka pada 21 Maret 2007, bioskop yang berlokasi di Lantai 8 West Mall Grand Indonesia ini merupakan salah satu bagian penting dari perjalanan Blitzmegaplex (sekarang CGV).

Lokasi mal yang strategis dan prestisius, serta lahan luas dimanfaatkan Blitzmegaplex atau disebut juga sebagai Blitz untuk menghadirkan berbagai fasilitas dan gimmick menarik.

Berbagai fasilitas yang sempat dihadirkan di bioskop ini pada saat itu ada smoking lounge, waiting lounge, Blitzshoppe, dan Blitzgame Sphere, serta BlitzCafe. Kemudian ada auditorium dengan sertifikasi THX dan mendapat penghargaan MURI sebagai bioskop dengan layar terbesar di Indonesia.

Blitzmegaplex GI sebelum direnovasi menjadi CGV

Kedatangan Blitzmegaplex di GI dengan konsep yang sangat berbeda dibanding pesaing utamanya (21/XXI) bisa dibilang cukup berhasil. Perpaduan desain yang unik & warna yang berbeda dari bioskop lain menjadi salah satu daya tarik bioskop ini, terutama bagi kalangan anak muda. 

Dalam perjalanannya, Blitzmegaplex tidak selalu mendapatkan untung, terutama pada 2013-2014. Pada saat itu muncul kabar bahwa Blitzmegaplex sedang mengalami kesulitan keuangan dan makin merugi. Mungkin karena ini juga, kualitas bioskop-bioskop Blitzmegaplex (termasuk cabang Grand Indonesia) mengalami penurunan yang signifikan. Akhirnya jaringan CGV Cinemas dari Korea Selatan datang mengakuisisi Blitzmegaplex.

Setelah hadirnya CGV, mulai muncul beberapa perubahan besar pada cabang ini. Seperti renovasi interior dan pembaruan teknologi. 


CGV sendiri menerapkan tema retro vintage pada bioskop-bioskopnya, termasuk juga cabang CGV Grand Indonesia. Gaya industrial juga terasa cukup kuat, terlihat dari banyaknya batu bata yang diekspos dan lantai yang warnanya mirip beton. Desain yang terkesan kasar juga memperkuat kesan industrial dari bioskop ini.


Di area lobby bioskop ini juga ada toko roti Tous Les Jours yang bisa disinggahi sebelum menonton film. Ada banyak tempat duduk, jadi selain bisa membeli roti, penonton bisa juga menunggu film sambil bercengkerama di sana.

Area lorongnya juga tergolong luas, jadi ada banyak tempat duduk dan meja yang bisa digunakan untuk menunggu film. 


Sebagai cabang flagship CGV Cinemas di Indonesia, CGV Grand Indonesia memiliki berbagai format studio yang bisa dicoba, seperti Starium, yakni format layar berukuran sangat besar dengan sistem tata suara Dolby Atmos dan proyektor laser. CGV menghadirkan Starium di sekaligus untuk menyaingi format giant screen lain seperti MacroXE (dulu Ultra XD) dan IMAX XXI.

HTM Starium Grand Indonesia 2D
Senin-Kamis: 50K IDR
Jumat: 60K IDR
Sabtu-Minggu: 75K IDR

HTM Reguler Grand Indonesia 2D
Senin-Kamis: 50K IDR
Jumat: 60K IDR
Sabtu-Minggu: 75K IDR
* Tambahan Rp10ribu untuk film 3D reguler
* Tambahan Rp20ribu untuk SWEETBOX

Kemudian ada juga ScreenX, yakni format studio dengan sistem multi proyeksi dan multi layar. Jadi dinding kanan dan kiri studio juga bisa menampilkan gambar, seperti pada gambar di bawah ini. 

Sumber: CGV Indonesia

Jika ingin menonton di ScreenX, saya sarankan agar duduk di baris tengah bagian belakang agar bisa menikmati semua sisi layar (baik kiri, tengah dan kanan) dengan baik dan nyaman.

HTM ScreenX Grand Indonesia 2D
Senin-Kamis: 70K IDR
Jumat: 80K IDR
Sabtu-Minggu: 100K IDR

Lalu ada juga Gold Class, yakni format studio kelas premium yang hadir di CGV GI pada 2015. Bangku di Gold Class memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih empuk. Seperti di The Premiere atau CinĂ©polis VIP, kemiringan sandaran punggung dan kaki bisa diatur sesuai keinginan kita. Selain itu ada selimut dan bantal serta tombol disetiap kursi (service button) untuk memesan makanan atau minuman tanpa perlu beranjak dari bangkunya. Di Gold Class, terdapat lounge dengan tempat duduk yang nyaman untuk menunggu film sekaligus bisa memesan makanan.

Sumber: CGV Indonesia

HTM Gold Class Grand Indonesia 2D
Senin-Kamis: 100K IDR
Jumat: 150K IDR
Sabtu-Minggu: 200K IDR

Kemudian ada juga 4DX, yakni studio yang dilengkapi dengan berbagai sensor yang digunakan untuk mendeteksi serta memberikan efek udara, gerakan, percikan air, getaran hingga berbagai efek lain sesuai film.

HTM 4DX Grand Indonesia
Senin-Kamis: 90K IDR
Jumat: 120K IDR
Sabtu-Minggu: 130K IDR

Sumber: CGV Indonesia

Kemudian yang terakhir ada Velvet Class. Velvet Class merupakan format studio paling mewah dan eksklusif yang ada di CGV. Selain Sofa bed yang empuk beserta bantal dan selimut,  ada juga service button seperti di Gold Class yang bisa digunakan untuk memesan makanan dan minuman tanpa beranjak dari sofa bed. Velvet Class juga didukung dengan fasilitas lounge yang mewah, nyaman dan eksklusif.

HTM Velvet Class Grand Indonesia (untuk 2 orang)
Senin-Kamis: 200K IDR
Jumat: 300K IDR
Sabtu-Minggu: 400K IDR 

Pada akhir tahun 2019 lalu, CGV dan TOTO (produsen produk sanitasi) bekerja sama membuat toilet yang unik dengan interior kekinian sekaligus instagrammable, toilet ini disebut sebagai 'TOTO Experience.' Tidak hanya bersih, ada beberapa teknologi seperti kran air dengan sensor otomatis, lalu tombol untuk menyiram, dan fitur penghilang bau/odor agar ruangan cubicle tetap bersih dan tidak bau.



Sumber: CGV Indonesia & TOTO


Komentar

Popular Posts