REVIEW: Emporium Pluit XXI

Terdapat berbagai pilihan bioskop yang ada di Pluit, seperti Pluit Junction XXI, Baywalk XXI, dan Pluit Village Cinépolis (dulu Cinemaxx). Selain itu, ada juga XXI Emporium Pluit yang memiliki beberapa kelebihan khusus dibanding bioskop lain yang ada di Pluit.

Entrance | Logo

Emporium Pluit XXI merupakan bioskop yang berlokasi di lantai 5 Emporium Pluit Mall, yang beralamat di Jalan Pluit Selatan Raya, Pluit, Penjaringan. Bioskop yang pertama kali buka pada Januari 2009 ini memiliki total 6 theater yang terdiri atas 4 theater deluxe (biasa disebut reguler) dan 2 theater The Premiere.

Dari kiri ke kanan: Akses menuju The Premiere, theater 1-4, toilet, dan concessions

Layout Emporium Pluit XXI tergolong cukup sederhana, karena akses masuk atau keluar semua theater melalui satu lorong panjang. Dengan begitu, penonton akan lebih mudah dalam mencari theater yang dituju.



Lorong bioskop ini tergolong cukup luas, di sepanjang lorong juga ada banyak bangku yang disediakan. Meski begitu, mengingat akses masuk atau keluar semua theater (termasuk toilet) melalui lorong yang sama, maka saat sedang ramai area lorong ini akan terasa agak sesak.


Emporium Pluit XXI mempunyai 4 theater reguler yang tergolong besar, semua theater memiliki kapasitas di atas 200 kursi. Selain itu, theater 1 Emporium Pluit XXI juga menggunakan sistem tata suara Dolby Atmos yang paling mutakhir dari Dolby. 

Suara yang dihasilkan cenderung lebih detail dan lebih natural dibanding Dolby Surround 7.1. Bass dan treble-nya juga OK, tidak berlebihan dengan penyebaran suara yang merata di setiap sisi ruang studio. Kebetulan dalam beberapa kesempatan saya menonton, hasil suara yang dihasilkan tergolong jernih dan jelas, termasuk ketika bagian dialog. Bagi orang yang cukup awam seperti saya, hasil ini tergolong sangat memuaskan. 

Selain itu, kualitas proyeksi/gambar yang dihasilkan juga sangat tajam, cerah, dan enak dilihat. Susunan bangkunya juga cukup curam, jadi pandangan kita tidak mudah terhalang kepala orang di barisan depan kita.

Theater lain seperti theater 4 juga memiliki kualitas yang cukup baik, memang tidak sebagus atau sebesar theater 1, tetapi masih pantas untuk dicoba.


HTM bioskop ini sendiri merupakan yang termahal di Pluit. Bioskop lain di sekitarnya memiliki HTM di kisaran Rp30 ribu-Rp 60ribu, sedangkan Emproium Pluit XXI mematok HTM di sekitar Rp 50ribu-Rp 75ribu. 

The Premiere lounge

Saya sendiri juga puas dengan kualitas The Premiere Emporium Pluit XXI. Service yang diberikan sudah sangat baik, petugasnya sangat membantu dan ramah. Kualitas gambar maupun suaranya juga baik, meski tidak begitu spesial.

Secara keseluruhan, saya merasa pengalaman menonton yang diberikan Emporium Pluit XXI ini sudah memuaskan, dan masih pantas untuk dicoba meski harganya tidak begitu terjangkau.

Jika tidak begitu memperhatikan kualitas audio, visual, atau mungkin tidak suka membuang banyak uang untuk nonton bioskop saya rasa Pluit Junction XXI adalah pilihan terdekat (di seberang Emporium Pluit), sekaligus paling terjangkau. 


4 Deluxe (regular) theater
2 The Premiere
Dolby Atmos at theater 1 (studio terbesar di Emporium Pluit XXI)
=========================

Diperbarui 10 Februari 2024
HTM Reguler
Senin-Kamis: 45K IDR
Jumat: 55K IDR IDR
Sabtu-Minggu: 65K IDR

HTM The Premiere
Senin-Kamis: 100K IDR
Jumat: 150K IDR
Sabtu-Minggu: 200K IDR

Komentar

Popular Posts