Pluit Junction XXI: Bioskop dengan Harga Terjangkau di Pluit

Biasanya, bioskop di kawasan perumahan kelas atas memiliki harga tiket yang tidak main-main, khususnya Pluit yang letaknya dekat dengan Pantai Indah Kapuk. Tetapi hal ini tidak terjadi pada salah satu bioskop di Pluit, yakni Pluit Junction XXI. Bioskop ini terletak di dalam Pluit Junction yang berada di seberang mal Emporium Pluit. 

Bagi saya sendiri, pusat perbelanjaan ini sebenarnya tergolong sepi (kecuali bagian bioskop & fitness center-nya). Namun, beberapa waktu belakangan Pluit Junction mulai berbenah dengan menghadirkan restoran seperti Onokabe agar lebih hidup. HTM-nya berkisar di antara 35K-55K IDR. Bagi warga sekitar Pluit - Muara Karang yang rata-rata kelas menengah atas, harga tersebut bisa dibilang murah.

Bioskop Pluit Junction XXI ini terdiri dari 2 lantai, yakni di Lantai 6 & 7 Pluit Junction. Jadi di Lantai 6 ada Refreshments dan Box Office (tempat jual tiket). Sedangkan di Lantai 7 ada Refreshments & studio bioskopnya. Desain lobby Pluit Junction XXI ini agak unik dibanding bioskop XXI lain. 

Jika biasa desain lobby bioskop XXI itu agak remang dan elemen yang dipakai cenderung gelap (warna coklat, emas, abu-abu) di sini agak sedikit berbeda, elemen yang dipakai berwarna agak terang (warna perak). Bioskop ini memilki banyak tempat duduk dan meja, jadi ketika kita lelah/sedang menunggu film bisa duduk dulu di tempat duduk yang disediakan.
Ngomong-ngomong, inilah penampakan dari lorong bioskop Pluit Junction XXI.


Desain lorong bioskopnya memang biasa saja, tidak spesial. Beberapa bagian lorong bioskop ini tergolong lebar dan ada banyak tempat duduk. Beberapa bagian lorong yang lainnya cukup sempit, jadi kadang agak sumpek kalau ramai. Kebersihan toilet bioskop ini sendiri dijaga dengan cukup baik, sehingga tetap bersih dan wangi. Hal yang sama selalu saya temui di cabang XXI yang lainnya.
Bagian dalam theater 1

Pluit Junction XXI terdiri dari 5 studio reguler. Mengingat bioskop ini tidak terlalu luas, ada beberapa studio yang tergolong kecil. Bahkan theater terbesarnya (studio 1) hanya berkapasitas 176 bangku saja. Berikut adalah data kapasitas bangku di setiap studio.
Studio 1 : 176 seats
Studio 2 : 104 seats
Studio 3 : 97 seats
Studio 4 : 150 seats
Studio 5 : 91 seats


Kali ini saya berkesempatan untuk mencoba studio 1 nya. Soal kualitas gambar, sudah cukup terang dan tajam meski bukan yang terbaik. Kemudian dari segi suara, tak perlu ditanya lagi. XXI juaranya. Dengan speaker QSC nya, meski 'masih' Dolby 7.1 . Kualitas suara yang dihasilkan sangatlah baik, bass nya cukup kencang dan pas. Treble nya juga. Tidak berlebihan.

Ruang kaki (jarak antar bangku) yang disediakan juga lumayan luas, sehingga kita tidak perlu mengangkat kaki ketika ada yang mau lewat di depan kita. Kecuraman studionya juga lumayan OK, jadi pandangan tidak terganggu orang di row depan kita. Secara keseluruhan, saya merasa sangat nyaman menonton disini. Selain itu, harganya juga ramah bagi kantong.

 
(Pintu masuk studio 2 & 3 yang bersebelahan)

Namun, pengalaman menonton yang menyenangkan itu tercoreng oleh kelakuan penonton yang agak menyebalkan. Ketika film sedang berjalan, beberapa oknum penonton menyalakan flashlight dan menyorotnya ke seluruh bagian studio. Juga, oknum ini mematikan dan nyalakan flashlight nya secara cepat sehingga mata saya terasa pusing & konsentrasi saya terganggu. Tidak hanya itu, setelah selesai film, oknum ini kembali berulah dengan naik ke bagian punggu kursi. Tapi ada petugas yang melihat ulah mereka dan menegur mereka.


Saya rasa bioskop ini secara keseluruhan masih tergolong lumayan baik. Meski begitu, kalau kalian menginginkan kualitas terbaik dan rela merogoh kocek lebih dalam saya rasa Emporium Pluit XXI merupakan pilihan yang tepat. Tapi bagi kalian yang malas mengeluarkan banyak uang hanya untuk nonton Pluit Junction XXI adalah pilihan yang tepat.

HTM Pluit Junction XXI
Senin-Kamis: 35K IDR
Jumat: 40K IDR
Sabtu-Minggu: 55K IDR



Komentar

Popular Posts