XUYAN Akan Buka di Jakarta (PIK 2?) - Restoran Interaktif Bertema Kerajaan | STORE GUIDE
Keberhasilan merek Tiongkok di Asia Tenggara membuka peluang lebar bagi perusahaan F&B yang sedang "jenuh" dengan pasar Tiongkok, contohnya Molly Tea, Yang's Braised Chicken, Tanyu, dan terakhir Xuyan (叙宴).
Berbeda dengan jaringan restoran Tiongkok lain yang biasanya masuk pasar kelas menengah, Xuyan membawa konsep tematik dengan latar perjamuan kerajaan di era Dinasti Tang. Pengalaman kuliner yang mewah dikombinasikan dengan pengalaman budaya dan seni.
Di negara asalnya, Xuyan bisa dibilang sukses besar. Menurut klaimnya, nilai penjualan satu cabang sempat mencapai rekor 5 juta Yuan (Rp11 miliar) dalam satu hari.
| Interior Xuyan Restaurant - Sumber: 叙宴/XHS |
Sebelum menginjakkan kaki di Indonesia, Xuyan melakukan ekspansi ke Malaysia dengan gerai perdana di mal Starhill, Kuala Lumpur. Xuyuan dikabarkan memilih PIK 2 sebagai lokasi pertamanya di Indonesia (buka awal 2026).
KONSEP DESAIN
Pengalaman ruang yang imersif menjadi daya tarik utama restoran ini. Area perjamuan utamanya didesain dengan panggung dan tata lampu yang cukup rumit.
| Interior dengan suasana malam - Sumber: 叙宴/XHS |
Detail desain seperti dekorasi teras, pohon, jembatan, atap, dan dinding dibuat menonjol seperti istana.
PENGALAMAN HIBURAN
Pengunjung yang sudah melakukan pemesanan akan diarahkan ke area ganti pakaian. Ada ratusan hanfu (pakaian tradisional) untuk laki-laki maupun perempuan yang bisa dipilih. Pengunjung yang membayar ekstra juga bisa meminta jasa tata rias wajah.
Pengunjung yang sudah berganti baju bisa berfoto ria sambil menunggu jam perjamuan dimulai. Ada ratusan aksesori dan props yang bisa digunakan ketika berfoto.
| Pertunjukan drama - Sumber: 叙宴/XHS |
Ketika perjamuan dimulai, pengunjung akan dimanjakan dengan narasi visual dan pertunjukan seni yang umumnya berkutat pada tarian tradisional. Hal tersebut ditambah dengan pertunjukan musik dan teatrikal yang interaktif.
MENU
Biasanya susunan menu (sekitar 12 hidangan) sudah diatur oleh pihak Xuyan, dari hidangan pembuka sampai penutup. Penataan hidangannya juga dibuat mewah dengan porsi yang lebih minim.
| Pengalaman bersantap di Xuyan - Sumber: 叙宴/XHS |
NEW RESTAURANT TREND?
Kehadiran restoran berbasis hiburan interaktif seperti Xuyuan, Haidilao, dan Sparkora memberikan kesan unik bagi orang Indonesia. Meski harganya lebih mahal dibanding restoran sejenis, pengunjung tetap datang untuk meraskan novelty (suasana baru dan berbeda).
Salah satu jenama yang berhasil melakukannya adalah Grup Haidilao. Restoran ini menghadirkan tarian topeng, pertunjukan kungfu noodle, bahkan DJ untuk meramaikan suasana restoran.
Akankah tren ini berlanjut? Atau hilang seiring waktu?
Komentar
Posting Komentar