Sparkora Emporium Pluit: Restoran BBQ + Musik Milik Haidilao | RETAILITORY

Setelah sempat gagal dengan restoran FanFan, Grup Haidilao memutuskan untuk memperkuat posisinya di sektor hotpot, grill, dan shabu dengan menghadirkan beberapa merek baru ke Indonesia.

Salah satu di antaranya adalah Sparkora. Indonesia sendiri merupakan negara kedua yang disambanginya. Sebelumnya, restoran BBQ ini membuka cabang di Sunway Pyramid Mall, Malaysia.

Sebagai informasi, restoran ini juga dikenal sebagai Yan Qing BBQ (焰请烤肉铺子) di Tiongkok. Cabang pertama Sparkora Indonesia berada di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara.

Sparkora BBQ Malaysia
Tampilan Sparkora di Sunway Pyramid Malaysia - Sumber: Sparkora MY

Restoran yang terletak di lantai 2 ini rencananya akan buka sekitar Oktober atau November 2025. Jika dilihat sekilas, Sparkora memiliki ukuran gerai yang cukup besar, sekitar 500-700 m².

Alamat Sparkora Pluit: Lt. 2 Emporium Pluit Mall (samping Koko Hawker), Jl. Pluit Selatan Raya No. 1, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Jakarta 14440

Konsep yang diusung Sparkora cukup unik dibanding restoran lain. Bila kebanyakan restoran BBQ konvensional hanya menonjolkan harga dan variasi produk, Sparkora hadir dengan kombinasi BBQ + drink bar + hiburan musik dalam satu tempat.

Foto Interior Sparkora
Interior Sparkora - Sumber: 焰请烤肉铺子

INTERMEZZO: Sparkora pertama kali diperkenalkan di Xi'an pada 2023[1]

Nama Sparkora sendiri berasal dari kata spark dan aurora, digambarkan sebagai pengalaman BBQ papan atas yang meriah. Pengalaman tersebut diwujudkan lewat desain interior dan layanan unik yang disediakan gratis.

Upaya tersebut diperkuat oleh hiburan dan kualitas pelayanan yang diberikan pegawai restoran. Pegawai restoran Haidilao seringkali berpartisipasi dengan menari, menyanyi, bahkan ikut memeriahkan perayaan ulang tahun.

Desain interior Sparkora menonjolkan kesan mewah dan berani melalui elemen desain reflektif dan metal yang dominan. Hal ini diperkuat dengan ambient light keemasan serta dinding bermotif marmer. Meski begitu, penataan meja dan kursinya cukup mirip dengan Haidilao Huoguo.

Berkaca ke konsepnya di Malaysia, pengunjung Sparkora akan diberi welcome drink dan es krim gratis untuk menunggu antrean dan pesanan.

Kemiripan dengan Haidilao juga terlihat jelas di beberapa area, salah satu contohnya adalah keberadaan sauce bar. Di sini, pengunjung bisa meracik saus, mengambil sayur dan snack serta hidangan penutup (umumnya buah-buahan).

Sauce bar di Sparkora Haidilao
Area sauce bar - Sumber: Sparkora MY

Menu yang ditawarkan di sini memang tidak halal karena masih mengandung daging babi dan minuman alkohol (bir). Ada empat kategori daging yang bisa ditemukan di sini, yakni: sapi, babi, ayam, dan seafood yang opsinya lebih sedikit.

Berikut adalah beberapa menu yang bisa ditemui di Sparkora (Malaysia): silky egg oyster blade, marbled short rib, premium beef tongue, spicy squid, fiery chicken feet, Myeongdong fried chicken, tomahawk lamb chop, thick cut streaky pork, mashed shrimp, enoki mushroom, dan potato slices.

Menu di Sparkora
Gambaran menu daging - Sumber: Sparkora MY

Seperti yang disebutkan di awal, Sparkora menghadirkan beberapa layanan unikDi antaranya adalah kursi pijat, jasa cuci dan penataan rambut, dan perawatan kuku.

Pengadaan layanan unik memang bukan hal baru di Haidilao. Hal ini dilakukan sebagai aspek pembeda agar pengunjung betah dan selalu teringat dengan pengalamannya di sini.

Fitur khas di Sparkora adalah panggung live music DJ yang biasanya tampil setiap malam. Ketika live music dimulai, suasana restoran berubah menjadi klub malam dengan atmosfer yang semarak dan gemerlap.

Live music DJ Sparkora
Makan sambil diiringi DJ - Sumber: 海底捞知食局

Bila melihat cabang Sparkora lainnya, ada kemungkinan Sparkora Emporium juga dilengkapi dengan ruang VIP. Meski begitu, belum diketahui apakah jam operasional Sparkora juga akan 24 jam seperti Haidilao atau tidak.

Secara keseluruhan, Sparkora menyajikan pengalaman BBQ yang cukup edgy dengan suasana layaknya dunia malam, cocok untuk anak muda atau keluarga yang sedang berpesta.

RED POMERGRANATE PLAN

Ekspansi dan pengenalan merek baru Haidilao merupakan bagian dari red pomergranate plan. Dengan strategi ini, Haidilao mencoba menghadirkan inovasi unik yang bisa diintegrasikan ke manajemen Haidilao. Diversifikasi tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif bagi perusahaan.

Haidilao memiliki beberapa restoran dengan branding unik sesuai karakteristik pasarnya. Di Singapura, terdapat Hi Hi Hotpot yang menawarkan pengalaman express hotpot. Di negara yang sama, Haidilao mengembangkan restoran mi bernama Hi Noodle.

Sebagai informasi tambahan, Grup Haidilao juga menghadirkan merek seperti HotSpot (halal) dan Hi Hi Huat Pot ke Indonesia. HotSpot sendiri merupakan restoran BBQ dan shabu-shabu yang halal, sedangkan Hi Hi Huat Pot bermain di pasar hotpot premium.

Bagaimana pendapat kalian terkait merek-merek baru yang dihadirkan Haidilao?

REFERENSI

[1] - https://www.haidilao.com/article/8711

Komentar