Menjelajahi The Colorist, Toko Kosmetik yang Hadir di Galaxy Mall Surabaya | RETAILITORY

Bersamaan dengan kembalinya KKV Indonesia, KK Group berencana untuk memperkuat bisnisnya dengan meluncurkan The Colorist (调色师), toko multibrand yang menawarkan ribuan produk kosmetik.

Rencananya, salah satu gerai awal di Indonesia akan dibuka di lantai dasar Galaxy Mall, Surabaya.

Berbekal kesuksesan di negara asalnya (Tiongkok), The Colorist melakukan ekspansi ke negara Asia Tenggara pada akhir 2024. Sebelum hadir di Indonesia, merek ini sudah menginjakan kaki di Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Bagian depan toko - Sumber: The Colorist Pavilion BJ

Secara visual, toko The Colorist biasanya hadir dengan dominasi warna pink untuk menonjolkan kesan feminim dan kontras. Maklum, merek ini berorientasi pada pasar anak muda (khususnya perempuan). Ukuran tokonya tergolong luas untuk toko kecantikan, kira-kira mirip toko Sephora dan Sociolla.

Suasana serba pink - Sumber: The Colorist Global

Interior dan zonasi produknya cukup sederhana dibanding toko seperti Sociolla, tapi tetap rapi dan nyaman dipandang. Setiap rak produk makeup juga dilengkapi barang tester beserta visualisasi berupa foto model, karakter produk, atau kelebihan produk.

Lantas, apa saja produk yang dijual di The Colorist? Kebanyakan produk yang dihadirkan di sini adalah bahan makeup, alat rias, dan produk kesehatan kulit. 

Untuk bahan dan alat makeup, terdapat lipstick, concealer, eyeshadow, color palette, lip smacker, applicator, makeup remover, foundation, cat kuku, dan lain-lain.

Terdapat juga area khusus untuk parfum dan diffuser yang dilengkapi tester. Produk kesehatan kulit di sini meliputi sabun, masker, serum, cleancer, body lotion, dan moisturizer.

Suasana toko dan etalase produk - Sumber: Festival Mall/Facebook

Meski memiliki spesialisasi produk beauty Tiongkok, The Colorist menawarkan merek luar negeri seperti Korea Selatan dan Jepang (jumlahnya sangat minim).

Merek yang biasanya ditemui di sini agak anti mainstream, misalnya Kato-Kato, Ukiss, Uhue, Dazzle Me, Colorkey, Zeesea, Flower Knows, Veecci, Puco, Peterson's Lab, Kormesic, Kans, dan Babrea.

Selain kosmetik, The Colorist menawarkan aksesori dan produk pelengkap seperti bando, anting, cincin, kalung, jepitan rambut, alat korek kuping, sisir, bahkan bath bomb.

Area aksesori - Sumber: The Colorist Global

Kalau dibandingkan dengan Sociolla, The Colorist lebih menonjolkan produk Tiongkok sebagai keunikan, variasi produk, dan keterjangkauan harga. Produk di sini juga cenderung dirotasi dengan cepat ala fast fashion.

PERJALANAN MEREK THE COLORIST
The Colorist merupakan merek yang dikembangkan KK Group (KK集团) sejak September 2019. Dalam waktu tiga tahun, toko produk kecantikan ini sukses membuka ratusan toko.

Di negara asalnya, merek ini sering disandingkan dengan WOW Beauty/WOW Colour yang dimiliki Miniso. Keduanya memiliki ciri identitas yang mirip dengan warna pink dan interior yang futuristik. 

Komentar