Nitori Central Park: Menengok Isi dan Keunikan Toko Furnitur Jepang | RETAILITORY

Di tengah dominasi 'supermarket' perabotan seperti Informa, Selma, Dekoruma, dan Atria, Nitori muncul sebagai salah satu pembeda yang menarik.

Nama asing seperti IKEA sebenarnya sudah hadir sejak 2014, namun toko perabotan asal Swedia ini tergolong selektif. Strategi ini tidak terlepas dari kebutuhan luas toko dan nilai investasi yang cukup besar dibanding toko perabotan biasa.

Pertama kali dibuka pada 25 Juli 2024, Nitori di lantai 2 Central Park Mall merupakan cabang pertama di Indonesia. Gerai dengan luas ±2000 m² ini menawarkan kasur sampai dengan toples dengan sentuhan Jepang. Lantas, apa saja isi dan kelebihan yang ditawarkan?

Bagian depan Nitori Central Park

Alamat Nitori Central Park: Jl. Letjen S. Parman No.Kav.28, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11470

Bicara soal suasana toko, Nitori tampil dengan kesan sederhana namun hangat dengan lampu yang tidak terlalu terang. Penggunaan warna netral dan elemen kayu menciptakan suasana yang homey.

Interior Nitori

Produk yang dijual Nitori umumnya hadir dengan gaya minimalis dan warna yang tidak terlalu mencolok. Beberapa produk hadir dengan tema Jepang yang kuat, contohnya adalah tatami dan bantal jerami. Keduanya dihadirkan sebagai solusi tradisional dengan kemasan modern.

Bila dibagi secara lebih jelas, berikut adalah kategori produk yang ditemui di Nitori:

  • Perabotan umum: sofa, kasur, rak, meja, lemari
  • Peralatan dapur dan masak: panci, perkakas, tatakan, pisau, toples, penyaring, tempat sampah
  • Peralatan makan: mangkuk, piring, gelas, sumpit, alat makan Jepang
  • Perlengkapan tidur
  • Aksesoris kamar mandi: sikat, keset, handuk, keranjang, tirai, alat pembersih
  • Kain: sarung bantal dan sofa, bed cover, karpet, gorden dan relnya
  • Koleksi N-Cools (perlengkapan tidur dan produk berbahan kain)
  • Dekorasi: tanaman hias, kipas, lampu meja, jam, produk seni, lilin, diffuser
Deretan produk sofa

Reputasi produk Jepang sebagai produk awet, presisi, dan berteknologi mumpuni dimanfaatkan Nitori dengan menonjolkan aspek-aspek tersebut. Hal ini dilakukan lewat pengembangan private labels seperti N-Cools dan N-Shield.

N-Cools merupakan label produk tesktil dengan teknologi breathable dan anti-bacterial deodorization agar pengguna tetap merasa sejuk ketika menggunakan produk seperti bantal. Sementara itu, N-Shield merupakan produk tekstil yang dilengkapi dengan fitur anti goresan dan noda.

Produk tekstil

Salah satu hal menarik di Nitori adalah keberadaan panduan produk yang jelas terkait dimensi, kualitas bahan, cara penggunaan, dan peringatan produk. Hal ini disampaikan melalui perbandingan fisik, infografis, dan salinan brosur. Keberadaan panduan ini diharapkan bisa membantu pengunjung memilih produk.

Panduan produk kasur

Beberapa produk di sini juga hadir dalam dimensi yang unik, dalam arti cocok dengan kebutuhan kota besar yang huniannya cenderung kecil dibanding suburban. Untuk memperkuat posisinya, Nitori menyediakan situs daring untuk belanja serta jasa pengantaran maupun pick-up.

Salah satu hal yang seringkali dianggap sebagai kekurangan Nitori adalah harganya yang cukup mahal, apalgi dibanding merek Tiongkok. Nitori tampaknya menyadari ini. Alih-alih berkompetisi langsung dalam perang harga, Nitori mencoba menyasar mal menengah-atas.

NITORI JEPANG DAN ASIA TENGGARA

Sebelum menyentuh Indonesia, Nitori sudah lebih dulu membuka gerainya di beberapa negara Asia Tenggara. Misalnya, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Rencana ekspansi ke Indonesia sendiri sudah digaungkan ke publik sejak 2023 lalu.[1] Upaya ini dilakukan karena Nitori merasa posar di luar negeri (Asia) belum sebesar Jepang yang sudah mature.[2]

Suasana gerai Nitori

Hingga Januari 2024, tercatat ada 718 gerai Nitori di Jepang dan 171 gerai di luar negeri.[3] Nitori sendiri didirikan Akio Nitori di Sapporo pada tahun 1967. Nitori tidak hanya berkecimpung di dunia furnitur, tapi juga pakaian dengan merek N+.

Nitori juga menginduki perusahaan Deco Home, yang berfokus di pusat kota Tokyo. Salah satu hal yang menarik dari Nitori adalah keberadaan panduan yang cukup lengkap mengenai berbagai produk, sehingga calon pembeli merasa terbantu untuk membeli produk yang sesuai dengan keinginannya.

Lokasi gerai Nitori di Indonesia:
  • Central Park Mall
  • Lippo Mall Puri
  • Lippo Mall Kemang
  • Margo City Depok
  • Mal Kelapa Gading
REFERENSI

[1] - Dong, I. (2023). Nitori ramps up Asia expansion, enters Hong Kong this month. Diakses dari https://insideretail.asia/2023/09/06/nitori-ramps-up-asia-expansion-enters-hong-kong-this-month/

[2] - Ryuutsu Biz (2024). ニトリ/2032年3000店舗・売上高3兆円に向け「国内外1000店達成」. Diakses dari https://www.ryutsuu.biz/strategy/q013140.html

[3] - Nitori (n.d.). Nitori sales performance. Diakses dari https://www.nitorihd.co.jp/en/ir/performance/sales.html

Komentar

Popular Posts