Ranch Market Palazzo Buka di Plaza Senayan, Tawarkan Suasana Homey | REVIEW
Sepuluh tahun setelah penutupan HERO Supermarket, Plaza Senayan kembali menghadirkan supermarket baru, yakni Ranch Market Palazzo. Supermarket tersebut menempati area koridor yang sempat diisi beberapa toko di Lantai LG (di bawah Metro Department Store).
Ekspansi yang dilakukan PT Supra Boga Lestari (anak usaha Blibli Tiket) cukup menarik, mengingat Ranch Market di daerah sekitar Senayan tergolong banyak. Dalam radius 1-2 km, terdapat The Gourmet ASHTA dan Ranch Market Senayan Park.
Lokasi: Lantai LG, Plaza Senayan, Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno – Senayan Jakarta 10270
Akses: Turun dari eskalator samping Bacha Coffee atau turun lewat eskalator di dalam Metro Department Store. Bisa juga turun di lobi lantai LG.
Sebagai pembeda dengan cabang lain, cabang Plaza Senayan hadir dengan konsep baru, yakni Ranch Market Palazzo. Gerai ini dipromosikan sebagai bentuk relaxation & grocery therapy. Hal ini sesuai dengan target pasar Ranch Market Palazzo yang berfokus pada kalangan atas terutama ekspatriat dan pekerja muda yang hidupnya padat.
Konsep tersebut diwujudkan lewat pengalaman ruang dan aktivitas pendukung yang interaktif. Gerai dengan luas area penjualan -/+1.400 m2 ini hadir dengan dominasi material kayu, travertine, marmer, dan kaca patri yang memberikan kesan rustic, homey, sekaligus mewah.
| Interior Ranch Market Palazzo Plaza Senayan |
Tata ruang dan produk di sini tergolong nyaman dengan koridor yang lebar. Beberapa bagian koridor juga dimanfaatkan untuk pengadaan acara seperti demonstrasi produk serta aktivitas komunitas (masak dan seni).
Selain area grocery, Ranch Market Palazzo juga diisi tenant pendamping berupa F&B agar pengunjung berlama-lama di dalam, di antaranya adalah Ninety Nine Cafe, The Palace Tea, Tony Roma's (pop-up), Hom Juice, Pandan Soedji, Naseya, dan The RR Chocolate. Mayoritas gerai yang disebut memiliki area dining yang cukup proper.
| The RR Chocolate |
| Ninety Nine Cafe |
Seperti cabang Ranch Market pada umumnya, toko ini mengunggulkan produk organik, produk impor, serta merek lokal yang unik. Meski begitu, merek mainstream yang biasa ditemui di supermarket biasa juga tetap banyak kok. Contohnya adalah air mineral dan mi instan.
| Display barang yang tertata rapi |
Secara umum, kategori produk di sini terdiri dari: Buah-buahan, sayur, daging (ayam, kalkun, sapi, ikan, udang, babi), keju, saus, bahan masak, es krim, makanan beku, cheese (dairy), bakery, ready to eat, makanan dan minuman ringan, jajanan lokal, peralatan rumah tangga, sampai dengan kebutuhan peliharaan.
| Area keju dan peralatan makan |
| Area mi instan |
Sebagai informasi tambahan, pengunjung juga bisa membayar melalui 'kasir mobile' yang dibawa berupa alat EDC BCA yang berfungsi juga sebagai scanner. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu antre panjang. Saya sendiri jujur belum mencobanya, tapi rasanya cukup menarik.
Di lantai yang sama dengan, Ranch Market, terdapat tenant lain seperti Samsung, Guardian, Stop N' Go, Paxi Barbershop, dan Yuki Water Treatment yang mengisi area lantai tersebut.
LOOKING BACK TO 90s
Kehadiran Ranch Market menandai kembalinya maka Plaza Senayan kembali memiliki dua supermarket seperti masa awalnya. Pada 1996 - 2015, HERO Supermarket menempati lantai LG dengan tenant pendamping seperti Shop In Body Care (kini Guardian), Dunkin Donuts, Yoshinoya, CFC, Baskin Robbins, Stop N Go, dan Daisho. Di antara semuanya, hanya Stop N Go yang masih bertahan pada 2025.
| Hoarding banner Ranch Market Plaza Senayan (2025) |
Komentar
Posting Komentar