SM Membuka Kwangya Store di Lotte Mall Jakarta | RETAILITORY

Setelah membuka kantor SM Entertainment Indonesia di mal fX Sudirman, perusahaan hiburan yang menaungi aespa hingga Girls' Generation ini  membuka toko fisik resmi di Indonesia pada 3 Desember 2022.

Kwangya @Jakarta - Sumber: SMTown

Konsep Kwangya di Lotte Mall Jakarta (dulu Lotte Shopping Avenue) merupakan yang pertama di luar Korea Selatan. Sebelumnya, SM pernah membuka SMTOWN Store dan SMTOWN Cafe di Crescent Mall, Ho Chi Minh, Vietnam pada 2020 lalu.[1]

Kwangya @Jakarta di Lotte Avenue memiliki luas sekitar 400-600m². Di dalamnya, tetap ada penjualan produk idol yang dinaungi agensi ini, mulai dari album sampai pernak-pernik kecil.

Kwangya bisa dibilang terbagi atas dua zona, yakni area penjualan dan area komunal dan kafe. Di area penjualan (display), pengunjung bisa membeli berbagai produk resmi seperti album, photocard, tumbler, poster, kaos hingga gelas dengan gambar artis-artis besutan SM Entertainment.

Area display dengan LED screen di Kwangya @Jakarta - Sumber: @lotte_avenue

Sedangkan di area komunal, terdapat area duduk untuk menikmati hidangan yang didapat dari kafe. Pengunjung yang beristirahat bisa duduk sambil menonton music video yang diputar di layar.

Berbagai pilihan minuman menarik

Opsi dessert hingga minuman seperti teh, kopi, dan kue ditampilkan secara tematik dan seasonal. Contohnya adalah Girls' Generation Strawberry Yogurt, NCT Ade, dan Artist Cupcake.

Berbeda dengan SMTOWN Store yang ada di Vietnam, kehadiran toko resmi SM di Indonesia menjadi lebih menarik karena penerapan konsep Kwangya yang lebih interaktif, lewat virtual experience hingga desain yang lebih futuristik, sesuai dengan visi yang dicanangkan SM lewat dunia Kwangya.

Area berfoto

Selain karakter desain yang lebih kuat, ada juga beberapa hal yang menarik di Kwangya @Jakarta, misalnya keberadaan photobox yang bisa digunakan pengunjung dengan harga Rp60.000.

Dinding dengan poster artis SM

Hadirnya Kwangya@Jakarta memang tidak mengejutkan, mengingat banyak dari masyarakat Indonesia menjadikan K-pop sebagai bagian dari hidupnya. Tidak sedikit dari mereka berani mengeluarkan kocek uang untuk membeli album hingga poster. Hal ini umumnya dilakukan melalui pembelian online dari luar negeri dan menggunakan jasa titip.

Area kasir

Berdasarkan data 2019 Global K-pop Map yang disampaikan Blip, sebuah organisasi riset yang menganalisis keberadaan fandom K-pop, negara dengan viewership YouTube terbanyak (untuk video yang dirilis antara 1 July 2018 - 30 Juni 2019) adalah Indonesia (2,62 miliar views), disusul Thailand (2,15 miliar views), lalu Vietnam (1,96 miliar views). [2]

REFERENSI
[1] - Dang Khoa (2020). K-pop giant SM Entertainment to open first store in Vietnam. VNExpress. Diakses dari https://e.vnexpress.net/news/business/k-pop-giant-sm-entertainment-to-open-first-store-in-vietnam-4126128.html

[2] - Jung Joo-ri, Lee Jihae (2019). Map showing K-pop's popularity by global region released. Korea.net. Diakses dari https://www.korea.net/NewsFocus/Culture/view?articleId=174587

Komentar

Popular Posts